Friday, September 15, 2017

MAKALAH SKEMA DAN UNSUR – UNSUR INDUSTRI PARIWISATA


BAB I
PEDAHULUAN
A.  Latarbelakang
Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki potensi wisata yang sangat banyak, maka dari itu pariwisata membutuhkan para tenaga kerja yang mampu mengelola agar aspek aspek wisata tersebut menjadi sangat bermanfaat.
Industri pariwisata telah berkembang dengan pesat dari masa ke masa terbukti dari semakin banyaknya orang melakukan kegiatan wisata dan juga jumlah uang yang dibelanjakan untuk kegiatan tersebut, hal ini sangat dimungkinkan karena adanya :
a.    Semakin meningkatnya jumlah penduduk dunia, demikian juga meningkatnya jumlah penduduk dunia yang mampu melakukan perjalanan dan berwisata ke daerah lain.
b.    Kekupusan untuk cuti bersama pada setiap libur hariraya atau libur lainnya juga ikut mendukung kegiatan berwisata dari daerah yang satu ke daerah yang lainnya bahkan bila memungkinkan ke Negara lain.
c.    Semakin bertambahnya uang atau dana yang dapat digunakan untuk dapat membiayai kegiatan wisata.
d.   Semakin tersedianya waktu yang luang dan kesempatan yang dapat digunakan untuk berwisata.
e.    Semakin mudah cara melakukan perjalanan, lebih cepat dan lebih menyenangkan.
f.     Kecenderungan biaya hidup lebih tinggi di negara tertentu, juga mendorong orang untuk melalukan wisata ke negara lain yang biaya hidupnya lebih rendah.
Pariwisata adalah suatu kegiatan yang secara langsung menyentuh dan melibatkan masyarakat, sehingga membawa berbagai manfaat terhadap masyarakat setempat dan sekitarnya. Bahkan pariwisata dikatakan mempunyai energi dobrak yang luar biasa, yang mampu membuat masyarakat setempat mengalami metamorphose dalam berbagai aspeknya.Pariwisata mempunyai banyak manfaat bagi masyarakat bahkan bagi Negara sekalipun,m anfaat pariwisata dapat dilihat dari berbagai aspek/segi yaitu manfaat pariwisata dari segi ekonomi, sosial budaya, lingkungan hidup, nilai pergaulan dan ilmu pengetahuan, serta peluang dan kesempatan kerja.
















B.  Rumusan Msalah
1.    Skema Pariwisata.
2.    Unsur – unsur Industri Parisata.

C.  Tujuan Penulisan
1.      Mengetahui Skema Pariwisata.
2.      Mengetahui Unsur – unsur Industri Parisata.












































BAB II
PEMBAHASAN
Secara Etomoogi pariwisata berasal dari dua kta yaitu “ pari” yang berarti banyak/berkeliling, sedangkan pengertian wisata berarti “pergi”. Didalam kamus besar indonesia pariwisata adalah suatu kegiatan yang berhubungan dengan perjalanan rekreasi. Sedangkan pengertian secara umum pariwisata merupakan suatu perjalanan yang dilakukan seseorang untuk sementara waktuyang diselenggarakan dari suatu tempat ketempat lain dengan meninggalkan tempat semula dan dengan suatu perencanaan atau bukan maksud mencari nafkah di tempat yang dikunjunginya, tetapi semata mata untuk menikmati kegiataan pertamasyaan atau reakreasi untuk memenuhi keinginan yang beraneka ragam.

A.  Skema pariwisata

Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjsmPh4qnBAn7fxNaUAkiWZDdFG4G40ya0QNLgvlUTnXiVOIrGD4Iz43LMtMmHbMgh3ySx9QrMCZfCITRJKlJz7xX8fTxsMBRWlTSzpcMsuye5lrYQZHvjB5Xg3e9SNO0bAhgYZ3LwCuymS/s640/skema.jpg

perhatikan pula gambar berikut mengenai pengelompokan perjalanan wisata !
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEipqDdF8aYb6I32dFtRGOq_rFj7PJ0NR_xONz3CNFPWij8q7Qn81RyLbINZiBLcGWCsm6fOZgIAwELmT7PDaht4d36SJC_r7Bc-WXXVBzHQC1ClKwG0p6WHb7Z41nmljkap596fEUcCIcy6/s640/tabel+3+skema+industri+pariwisata.png


     skema industri pariwisata menurut Endar Sugiarto & Sri Sulistiningrum, 1996, yang mengutip dari the Educational of the american hotel and motel association adalah sebagai berikut:
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj5ZfKQOvNvmSz__QhYUo7Hjzl8w-BZpGkWL6EU622Oiz9QR61OT8ZH1Nh0NmM6aS94nDHmzc5x60Nrk2e9XNHW-J6EjgL9b2OQXGmkHORcD9ROjugOrkkzN017zEpAUJEAXMSNAVO6vFE8/s400/Tabel+SKEMA+DAN+UNSUR+INDUSTRI+PARIWISATA.png


Penjelasan :

a.         Transportation Service : pelayanan atau merupakan jasa transportasi; didalamnya ada kapal, kereta, mobil, pesawat, sepeda, bis.
b.        Food and Beverage Operations : pelayanan makan dan minum; didalamnya ada restaurants, lodging properties, retail stories, vending, catering, snack bar, cruse ships, bar/taverns.
c.         Retail store : merupakan toko eceran atau toko grosir seperti : gift shops, souvenir shops, art/craft malls, market, miscellaneous stores.
d.        Activities : aktivitas yang dilakukan : rekreasi, bisnis, entertaintment meetings, study trips, sporting event, ethnic festivals, art festivals cultural event seasonal festival
e.         Lodging operation : jasa penginapan bisa meliputi : hotel, motel, motor hotel, resort hotel, camp, parks, pensions, motor homes

Pengelompokan perjalanan wisata :
a.       Perjalanan Umum/Biasa

          Pada perjalanan ini memberi kesan serius dan mendapatkan hasil yang “nyata”, seperti
1.      Keperluan bisnis, mencari nafkah
2.      Tujuan berobat /kesehatan
3.      Tujuan sosial/kepentingan keluarga
4.      Seminar dan konferensi
5.      Naik Haji
6.      Belajar / Sekolah
7.      Penelitian kekayaan alam dan budaya

b. Perjalanan Wisata (Tour)
         Perjalanan yang memberi kesan “santai” :
1.      Membangkitkan sifat petualangan namun tetap untuk bersenang-senang
2.       Bersifat romantis, menuruti emosi keindahan
3.       Penuh kemisterian, mencari hal-hal yang unik/menarik
4.       untuk pemenuhan keinginan pribadi dan menyenangkan

Selain kedua jenis perjalanan tersebut, seringkali terjadi sebuah perjalanan dengan kombinasi dari kedua jenis, yaitu perjalanan yang memiliki dua kepentingan, misalnya, dalam perjalanan untuk keperluan berdagang mereka menyempatkan (untuk melepas lelah) melihat dan menikmati keindahan alam/budaya dan menikmati pertunjukan/show.

Pemetaan terhadap kondisi daerah tujuan wisata yang dikenal dengan ‘5A’
a.    Akomodation : kemudahan mendapatkan tempat menginap yang layak, bersih dan ramah
b.    Activity : tersedianya serana dan prasarana yang aman dan layak digunakan
c.    Attraction : atraksi maupun daya tarik merupakan potensi yang menjadi pendorong kehadiran wisatawan ke suatu daerah tujuan wisata
d.   Ammenities : fasilitas pelengkap yang menunjang perjalanan wisata (toilet yang memadai, pasar, internet, money changer)
e.    Aksesbility : kemudahan untuk dikunjungi dan memiliki jalan yang dapat dilalui pengunjung


B.  unsur - unsur  industri pariwisata
Unsur-unsur Industri Pariwisata Industri pariwisata telah berkembang dengan pesat dari masa ke masa terbukti dari semakin banyaknya orang melakukan kegiatan wisata dan juga jumlah uang yang dibelanjakan untuk kegiatan tersebut, hal ini sangat dimungkinkan karena adanya :
a.        Semakin meningkatnya jumlah penduduk dunia, demikian juga meningkatnya jumlah penduduk dunia yang mampu melakukan perjalanan dan berwisata ke daerah lain.
b.        Kekupusan untuk cuti bersama pada setiap libur hariraya atau libur lainnya juga ikut mendukung kegiatan berwisata dari daerah yang satu ke daerah yang lainnya bahkan bila memungkinkan ke negara lain.
c.         Semakin bertambahnya uang atau dana yang dapat digunakan untuk dapat membiayai kegiatan wisata.
d.        Semakin tersedianya waktu yang luang dan kesempatan yang dapat digunakan untuk berwisata.
e.        Semakin mudah cara melakukan perjalanan, lebih cepat dan lebih menyenangkan.
f.         
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh9MmuHSoRBcpv1CgQaCWaA7NU1eom0kh9vEzbhyxMVrzSnPHshzEuHG1JswLNGjCrCsuHHtsi3PnfKaFze2E46XBn5EkLlG5gA_0akrBx1A90QZWbMzAUFApGyKcfoV7Tj7uFZXKJuyNGq/s320/A-1.jpg

Kecenderungan biaya hidup lebih tinggi di negara tertentu, juga mendorong orang untuk melalukan wisata ke negara lain yangbiaya hidupnya lebih rendah



Unsur-unsur yang terlibat didalam industri pariwisata adalah meliputi hal-hal sebagai berikut:

a. Akomodasi

        Adalah tempat bagi seseorang untuk tinggal sementara, dapat berupa hotel, losmen, guest house, pondok, cottage inn, perkemahan, caravan, bag packer dan sebagainya. Saat ini telah berkembang lebih jauh kearah tuntutan pemenuhan kebutuhan manusia lainnya seperti makan, minum rekreasi, olah raga,  konvensi,  pertemuan-pertemuan  profesi  dan  asosiasi perjamuan-perjamuan pernikahan dan lainnya. Oleh karena itu dengan kemajuan teknologi dan perkembangan jaman juga dapat mempengaruhi jenis, macam dan banyaknya fasilitas-fasilitas yang dibutuhkan dan harus disediakan oleh pengusaha pada bidang akomodasi.

b.      Jasa Boga dan Restoran

        Adalah industri yang bergerak dalam bidang penyediaan makanan dan minuman, yang dikelola secara komersial. Jenis usaha ini dapat dibedakan dalam manajemennya, yaitu cara pengelolaannya, apakah dikelola secara mandiri maupun terkait dengan usaha lain.



c.    Transportasi dan Jasa Angkutan
         Adalah bidang usaha jasa yang bergerak dalam bidang angkutan. Transportasi dapat dilakukan melalui darat, laut dan udara. Pengelolaan dapat dilakukan oleh Swasta maupun BUMN.

d. Tempat Penukaran Uang (Money Changer)
Tempat penukaran mata uang asing (money changer) kini telah berkembang dengan pesat, penukaran uang tidak hanya dilakukan di bank, melainkan juga pada perusahaan-perusahaan money changer yang tersebar di tempat-tempat strategis, terutama dikota- kota besar.

e. Atraksi Wisata
Atraksi wisata dapat berupa pertunjukan tari, musik, upacara adat dll sesuai dengan budaya setempat. Pertunjukan ini dapat dilaksanakan secara tradisional maupun modern, melalui atraksi wisata ini dapat dilakukan salah satunya mengangkat keunggulan lokal setempat .

f. Cindera Mata
Adalah oleh-oleh atau kenang-kenangan yang dapat dibawa oleh wisatawan pada saat kembali ke tempat asalnya. Cindera mata ini biasanya berupa benda-benda kerajinan tangan yang dibentuk sedemikian rupa sehingga memberikan suatu keindahan seni dan sifatnya khas untuk tiap daerah. 

g. Biro Perjalanan
Adalah suatu badan usaha dimana operasionalnya meliputi pelayanan semua proses perjalanan dari seseorang sejak berangkat hingga kembali, sehingga mereka merasa nyaman selama perjalanan. 






BAB III
PENUTUP

A.      Kesimpulan
Dari uraian diatas, mulai dari pembahasan pertama sampai dengan pembahasan terakhir kami dapat menyimpulkan bahwa pariwisata adalah perjalanan dari satu tempat ke tempat yang lain, bersifat sementara, dilakukan perorangan maupun kelompok, sebagai usaha mencari keseimbangan atau keserasian dan kebahagiaan dengan lingkungan hidup dalam dimensi sosial, budaya, alam dan ilmu.
Skema Pariwisata adalah sebuah bagan yang menggambarkan keterkaitan antara beberapa unsur dalam Industri Pariwisata
Unsur-unsur industri pariwisata :
a.              Akomodasi : tempat bagi seseorang untuk tinggal sementara, dapat berupa hotel, losmen, guest house, pondok, cottage, inn, perkemahan, caravan, bag packer, dsb.
b.             Jasa Boga and Restaurant : industri yang berkembang dalam bidang penyediaan makanan dan minuman, yang dikelola secara komersial
c.              Transportasi dan Jasa Angkutan : bidang usaha jasa yang bergerak dalam bidang angkutan, transportasi dibagi menjadi tiga yaitu transport udara, darat  dan laut.
d.             Tempat penukaran uang (money changer) : tempat untuk penukaran mata uang asing (money changer) kini telah berkembang dengan pesat.
e.              Atraksi wisata : atraksi wisata dapat berupa pertunjukan tari, music, upacara adat, dll sesuai dengan budaya setempat.
f.              Cinderamata : oleh-oleh / kenang-kenangan yang dapat dibawa oleh wisatawan pada saat kembali ke tempat asalnya.
g.             Biro Perjalanan : suatu badan usaha dimana operasionalnya meliputi pelayanan semua proses perjalanan dari seseorang sejak berangkat hingga kembali, sehingga mereka merasa nyaman selama perjalanan.



B.  Saran
  Pariwisata di Indonesia masih sangat kurang direalisasikan dengan baik khususnya kota-kota kecil dan menjaga kebersihan lingkungan wisata sering kali tidak di perhatikan dengan  baik. Pentingnya tenaga kerja yang professional dalam menunjang pariwisata, selain itu infrastruktur juga menjadi hal yang tidak kalah pentingnya dalam pengembangan pariwisata, karena dengan adanya fasilitas-fasilitas yang tersedia akan membuat wisatawan tertarik untuk mengunjungi tempat wisata tersebut. Perlu adanya kerjasama yang baik antara pemerintah, pihak swasta dan masyarakat agar terwujudnya iklim pariwisata yang baik di Indonesia. Sebagai wisatawan yang baik, seharusnya kita dapat menjaga lingkungan khususnya untuk wisatawan domestic (masyarakat Indonesia).























DAFTAR PUSTAKA
Sarasanti, Anggun. (2012).
 Pengertian Pariwisata

 Pariwisata,
            [Online]. Tersedia:http://id.wikipedia.org/wiki/Pariwisata. [17 September 2013]Munavizt, Setzer. (2012).

 Manfaat Pariwista dari Berbagai Segi,

2013] Najmi, Nur. (2011). Dampak Positif dan Negatif Pariwisata, [Online]. Tersedia:http://shesagitarius.blogspot.com/2011/11/dampak-positif-dan-negatif-pariwisata.html. [17 September 2011]Rahayu, Sripanca. (2012).

 Aspek-aspek Ekonomi Pariwisata


































SOAL DAN JAWABAN



No comments:

Post a Comment